Friday, August 25, 2017

Tali Lanyard Yang Asing Namun Sangat Sering Digunakan

Masyakat kita umumnya mungkin masih cukup asing dengan istilah lanyard. Padahal sebenarnya istilah ini adalah untuk sebuah benda yang tak sulit untuk dijumpai. Lanyard pada dasarnya merupakan sebuah tali yang banyak digunakan untuk menggantung tanda pengernal. Meskipun pada awalnya lebih dulu dimanfaatkan oleh para prajurit angkatan laut asal Perancis untuk dikaitkan dengan pistol dan terkadang juga peluit untuk memberi sinyal kepada nahkoda yang akan membawa kapal bersadar ke pelabuhan. Namun yang jelas produksi tali lanyard saat ini mayoritas ditujukan untuk melengkapi kartu identitas yang akan dipakai oleh karyawan pada sebuah perusahaan atau oleh crew dan peserta dari sebuah event.
Perkembangan tali tersebut hingga saat ini kian pesat. Berbagai fungsi dari benda tersebut pun semakin banyak. Selain untuk pelengkap kartu pengenal banyak juga orang yang memakai lanyard untuk gantungan ponsel. Perangkat komunikasi tersebut memang menjadi gadget yang sulit dipisahkan dari pemiliknya. Bisa kita saksikan sendiri seperti apa tingkah masyrakat di jaman modern ini. Semua orang sibuk dengan gadget mereka masing – masing. Nah, karena perangkat itu sangat sering digunakan memasukanya ke dalam saku ataupun tas tentu merepotkan pemiliknya. Makanya lanyard pun dilih sebagai gantungan sehingga tali smartphone dapat dikalungkan ke leher dan tidak perlu lagi untuk berulang – ulang mengeluarkan dan memasukan ponsel kedalam saku atau tas.
Dari halaman http://www.tali-lanyard.com/, bahan – bahan yang biasa digunakan untuk membuat tali gatungan antara lain adalah sebagi berikut:
  • ·         Polyester

Bahan polyester dipandang sebagai bahan dasar tali yang paling kuat. Polyester sangat tahan terhadap pancaran sinar matahari dan kedap air. Hal tersebut menjadikan tali polyester dapat bertahan lebih lama dibandingkan bahan – bahan lainnya.
  • ·         Nylon

Pada dasarnya bahan nylon tidak kalah populernya dengan polyester untuk digunakan membuat tali. Namun yang perlu diketahui adalah bahan ini terbuat dari campuran beragam zat kimia. Jenis bahan sintetis semacam ini sangat cepat terbakat bila terkena api.
  • ·         Tissue


Selain kedua bahan di atas terdapat juga bahan lainnya yaitu tissue. Tali yang tersusun dari bahan ini memliliki serat yang rapat dengan permukaan rata.

No comments:

Post a Comment