Saturday, February 25, 2017

BAGAIMANA PROSEDUR EVAKUASI KEADAAN DARURAT KEBAKARAN ?

Bencana kebakaran kerap kali melanda di negara kita, dan masih banyak orang yang belum mengetahui prosedur evakuasi keadaan darurat kebakaran. Pertama-tama yang harus kita pahami adalah apa prosedur evakuasi itu? Prosedur evakuasi adalah tata cara menyelamatkan diri dari bencana. Oleh karena itu sangatlah penting kita mengetahui tata cara menyelamatkan diri jika terjadi bencana. Kemudian apa yang dimaksud Keadaan Darurat?

Keadaan darurat adalah situasi atau kondisi yang terjadi secara mendadak yang mengakibatkan terganggunya kegiatan orang ataupun lingkungan. Situasi dan kondisi ini harus segera ditanggulangi, karena dapat menjadi bencana besar dan mengakibatkan banyaknya jatuh korban serta kerusakan-kerusakan material.

Keadaan darurat ini diakibatkan diantaranya seperti Gempa Bumi, Gunung Meletus, Banjir, Angin topan, Tsunami, Kebakaran, Kerusuhan, Demo yang Anarkis dan sebagainya. Dari hal tersebut di atas, khususnya darurat kebakaran, maka bagaimana prosedur evakuasi keadaan darurat kebakaran. Maka kami http://www.gosign.co.id merupakan salah satu pedagang online jalur evakuasi yang siap membantu Anda untuk mencari solusinya, agar Anda mengetahui prosedurnya dan tidak panik. untuk itu Kami akan menjelaskan prosedur evakuasi keadaan darurat kebakaran, diantaranya adalah :



Pertama-tama adalah prosedur evakuasi keadaan darurat kebakaran saat fire alarm menyala. Api terjadi karena bertemunya beberapa unsur yaitu bahan bakar, suhu, dan oksigen. Api yang menyala ini jika mencapai suhu antara 600-1000 co, maka akan mengakibatkan fire alarm secara otomatis pada ruangan atau gedung aktif. Dalam keadaan ini harus ada pengontrolan langsung dari petugas, karena alaram yang berbunyi ini bias jadi karena human error atau ada kesalahan teknis pada jaringan instalasinya. Apabila benar-benar terjadi kebakaran, maka Prosedur Evakuasi Keadaan Darurat Kebakaran harus segera dilaksanakan. Untuk itu pada saat pertama kali terdengar alarm berbunyi yang dilakukan pertama kali adalah memberikan peringatan pada orang-orang di sekitar agar waspada, kemudian matikan semua peralatan elektronik dan mengunci semua lemari dokumen. Selain itu yang lebih penting adalah pindahkan benda-benda yang mudah terbakar ke tempat yang aman. Selanjutnya menunggu instruksi dari Fire Commander ataupun Safety Representative.

Tetaplah tenang dan jangan panik, lalu ikuti petunjuk tanda jalur evakuasi menuju tangga darurat terdekat tetapi tidak berlari. Kemudian apabila pandangan Anda tertutup asap, berjalanlah dengan merayap pada tembok atau pegangan pada tangga, dan tetaplah berpikiran jernih serta fokus menuju area aman yang akan memperlancar jalannya evakuasi serta menunggu instruksi selanjutnya.

Dari penjelasan-penjelasan tersebut di atas, Kami yakni Anda sudah memahami tentang Prosedur Evakuasi Keadaan Darurat Kebakaran jika terjadi kebakaran yang dapat mengambil langkah-langkah yang tepat serta keputusan yang tepat. Maka apabila Anda berminat kunjungilah Kami di http://www.gosign.co.id , dan di sana Anda akan mendapatkan tanda jalur evakuasi dan sign board secara lengkap yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan harganya pun dapat dibilang murah.

No comments:

Post a Comment